Rapat Evaluasi Bulanan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Dalam Rangka Persiapan UAS Ganjil Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Tahun Ajar 2025/2026 M - 1446/1447 H.

Pacet, 4 Agustus 2025- Pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB, telah dilaksanakan Rapat Evaluasi Bulanan Asatidzah Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Kegiatan ini bertempat di Meeting room Riyadlul Jannah dan dihadiri oleh jajaran dewan pengasuh serta seluruh dewan asatidzah. Rapat dimulai dengan evaluasi administratif, di mana disampaikan bahwa setiap asatidzah telah menerima buku progres. Buku ini memuat kelengkapan data penting untuk proses pembelajaran, seperti Kalender Pendidikan Madin (Kaldik), jadwal mengajar, silabus, daftar hadir, serta formulir penilaian Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Buku progres ini diharapkan menjadi panduan bagi asatidzah dalam menjalankan proses belajar mengajar secara tertib dan terstruktur.



Selanjutnya, Ustadz Muslimin menyampaikan pentingnya memberikan contoh penulisan setoran salin kitab kepada para santri. Penulisan tersebut harus dilakukan dengan rapi dan layak, memperhatikan margin kanan dan kiri serta kerapian keseluruhan, sehingga dapat menjadi teladan bagi santri dalam berlatih menyalin kitab. Dalam hal penilaian, Ustadz Muslimin juga menegaskan bahwa seluruh asatidzah dihimbau untuk menyusun soal ujian dengan memperhatikan kaidah pedagogis. Soal harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan santri dan mengikuti standar penyusunan soal yang baik dan benar, mencakup berbagai tingkat kesulitan. Gus Abdullah menambahkan bahwa menjelang liburan Maulid, para asatidzah perlu memastikan kesiapan ibadah dasar bagi santri baru, khususnya yang baru tinggal di pondok selama kurang dari satu bulan. Santri tersebut harus sudah mampu melaksanakan adzan, iqamah, praktek sholat, dan praktek wudhu dengan benar sebelum libur Maulid tiba, sebagai bagian dari pembentukan karakter ibadah sejak dini.



Sementara itu, Ustadz Rofiq menyampaikan pentingnya mengevaluasi kualitas soal-soal ujian berdasarkan teori berpikir LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Beliau mengajak seluruh asatidzah untuk meninjau kembali apakah pembelajaran yang diberikan sudah menyentuh pada tahapan berpikir tingkat tinggi. Evaluasi ini mengacu pada Taksonomi Bloom yang mengklasifikasikan tujuan pembelajaran ke dalam tiga domain utama: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada domain kognitif, pembelajaran diharapkan mencakup kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. Sementara pada domain afektif dan psikomotorik, pembelajaran juga diharapkan mampu membentuk sikap, nilai, serta keterampilan praktis santri.



Rapat juga menghasilkan keputusan bahwa surat izin pulang santri pada liburan Maulid harus disertai dengan jurnal pemantauan kegiatan santri selama di rumah. Jurnal tersebut harus menyesuaikan dengan aktivitas harian santri di pondok, sehingga tetap menjaga ritme kedisiplinan dan ibadah mereka selama berada di luar lingkungan pesantren. Sebagai tindak lanjut dari kebijakan ini, dibentuk tim eksekusi yang akan bertanggung jawab dalam mengelola jurnal pemantauan santri pasca-liburan. Tim ini juga akan merancang langkah-langkah lanjutan untuk memastikan bahwa aktivitas dan semangat pembelajaran santri tetap terjaga setelah mereka kembali dari masa liburan.

Demikian berita acara ini disusun sebagai dokumentasi resmi rapat evaluasi bulanan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Semoga hasil rapat ini dapat membawa perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran serta pembinaan akhlak para santri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan Haul ke-10 Abuya Sayyid Abbas bin Alawi Al Maliky Al Hasani di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto

Profil KH Mahfudz Syaubari. MA

Pembukaan Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Tahun Ajaran 2025-2026